Langsung ke konten utama

Merawat Rem kendaraan..Persoalan Remeh tapi berakibat fatal

Bagi pemilik mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan peranti untuk memperlambat  laju kendaraan ini yang lebih sering disebut sistem rem, coba anda bayangkan ketika anda tengah asyik berkendara lalu tiba tiba seekor kambing melintas dijalan, gerakan reflek anda segera memindahkan kaki anda untuk menginjak pedal rem lalu apa yang akan terjadi bila setelah pedal rem diinjak kendaraan anda tetap melaju kencang..? Bisa jadi kendaraan anda akan menabrak kambing tadi atau anda berhasil menghindari tabrakan, kambing selamat tapi kendaraan anda ringsek karena nyungsep dalam selokan, itu masih untung..bagaiman jadinya jika malah terjun bebas kedalam jurang...hhiiiiy.

Berikut beberapa kesalahan sepele tapi berakibat fatal bagi pemilik yang suka mengganti kampas rem sendiri.

  1. Enggan menggunakan kampas rem orisinil dengan alasan harga yang terlalu mahal...ingat nyawa gan..karena kampas rem kualitas rendah tidak mampu menahan panas gesekan dalam pengereman yang lama ketika melalui turunnan panjang..rem akan terasa membatu sehingga meskipun pedal rem di injak kuat efek pengereman tidak begitu terasa.
  2. Ketika mengganti kampas rem meremehkan hal2 kecil misalnya memaksa membuat celah posisi kampas rem sehingga bisa membuat pin caliper rem (dalam lingkaran merah pada gambar) menjadi bengkok
  3. Sering mengabaikan kondisi penutup air dan debu pelindung piston rem yg tidak kembali keposisinya secara sempurna sehingga robek, maka air dan debu akan mudah masuk pada celah pergerakan Piston rem akibatnya akan terjadi karat sebagai proses alami yang terjadi akibat panas yang tinggi dan air terhadap logam secara berulang
    akibat karat pada Piston rem
  4. Mengabaikan periode penggantian cairan rem (brake fluida ) secara berkala setiap ±40.000km
semua kekeliruan diatas berakibat kinerja pengereman tidak optimal dan ini pasti sangat membahayakan, bisa jadi masih banyak kekeliruan dan kesalahan prosedur pengerjaan yang dilakukan pemilik kendaraan terkait dengan piranti keselamatan ini,  tindakkan terbaik adalah lebih baik menyerahkan segala sesuatu kepada ahlinya dengan mengunjungi bengkel kesayangan anda, demi keselamatan kita bersama ingatlah bahwa nyawa tidak ada penggantinya..Kunjungi bengkel kami disini

Sekian semoga bermanfaat
By. AA 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIRIAN BENGKEL AA CEMPAKA AUTO SERVICE

Sejarah Singkat pendirian Usaha perbengkelan AA CEMPAKA Auto Service yang berlokasi dijalan By Pass KM 9 Simpang Taruko 1 Kalumbuk Padang   merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan yaitu memperbaiki kendaraan penumpang roda empat dan juga menjual spare part, pelumas (Engine Oil) maupun peralatan lainnya. Bengkel AA CEMPAKA Auto Service didirikan pada tanggal 01 Juni 2015, oleh ASRUL ARMISKA beliau adalah mantan karyawan disebuah perusahaan otomotif terbesar yang merupakan pemegang merek kendaraan terkenal di Indonesia dan bekerja sama dengan beberapa pihak pemodal perorangan. Bengkel ini pada awalnya didirikan hanya untuk melayani service ringan dengan menyewa tempat berupa kios sederhana dan hingga kini sudah beberapa kali mengalami perpindahan lokasi usaha, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dimana beberapa bulan kemudian melihat banyaknya pelanggan yang meminta perbaikan-perbaikan pada kendaraan milik m

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula. Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup. Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini : Kompresi yang tinggi (sesuai standar) Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin) Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam mas

Tikam Samurai (53)

Kedua lelaki anggota Jakuza itu menoleh. Si Bungsu tegak dengan mulut terpaut rapat. Matanya bersinar seperti api yang siap membakar. “Siapa kau!” desis lelaki yang memegang samurai itu. Si Bungsu menyapu ruangan itu dengan pandangan mata. Dan sekilas dia dapat menerka apa yang terjadi. Teman anggota Jakuza yang pernah dia bunuh ketika menolong Hannako di terowongan daerah Yotsui dulu, kini datang lagi mencari Hannako. Dan dari pintu kamar Kenji yang terbuka, dia melihat kaki sebatas paha Hannako terkulai ke bawah tempat tidur. “Siapa kau!” Jepang bersamurai pendek dan bertubuh besar itu menggeram takkala melihat orang asing yang baru masuk itu tak mengindahkan pertanyaan pertamanya. “Saya malaikat maut…..” desis si Bungsu sambil maju perlahan. Di tangan kirinya samurainya terpegang kukuh. Sementara tangan kanannya tergantung lemah. Anggota Jakuza itu ingin segera menyudahi pekerjaannya. Dia maju menyongsong si Bungsu. “Bungsu-san…..larilah. selamatkan dirimu. Mere