Overheating adalah istilah yang kerap kali ditemukan dalam dunia permesinan mobil, istilah ini dimaksudkan untuk menunjukkan kondisi mesin yang mengalami temperatur panas yang berlebihan, melebihi suhu kerja normal sebuah mesin, sebagaimana kita ketahui bahwa mesin mobil bekerja, salah satunya adalah dengan memanfaatkan energi panas yang didapat dari pembakaran dalam ruang mesin dari berbagai unsur..( Dalam kesempatan lain Insya Allah akan kita jelaskan bagaimana dan unsur apa saja yang bekerja dalam proses pembakaran).
Menurut para ahli yang telah melakukan riset dan penelitian bahwa panas yang terjadi dalam ruang bakar mesin itu bisa mencapai suhu 1000⁰C-1200⁰C, coba anda bayangkan betapa panasnya, suhu tinggi ini yang kemudian menyebar keseluruh bagian mesin, panas ini harus dikendalikan dan dijaga pada kondisi panas yang ditentukan atau yang kita sebut dengan suhu temperatur kerja mesin yang berkisar antara 80⁰C-90⁰C.
Nah..untuk menjaga Suhu kerja yang ideal maka sebuah mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan mesin ( Cooling system ) kira kira seperti gambar berikut,
Pada sistem pendinginan air memegang peranan yang sangat penting, sepenting air dalam tubuh manusia dimana jika manusia kekurangan air, maka akan mengalami panas dalam, begitu juga dengan mesin mobil.
Berikut salah satu contoh proses terjadinya Overheating yang diakibatkan oleh kekurangan air pendingin, diawali dengan berkurangnya air yang berada dalam Radiator yang disebabkan oleh kebocoran maupun penguapan ( itu lah sebabnya kita diharuskan untuk mengecek air radiator setiap kali akan menghidupkan mesin dipagi hari), jika temperatur mulai tinggi melawati ambang batas maka motor fan akan bekerja terus menerus ( ini yang menggunakan electric motor fan ), akibatnyanya motor fan akan stop bekerja karena panas juga, temperatur makin tinggi sampai melewati ambang batas yang bisa diredam logam bahan pembuat mesin, disini biasanya yang sering tidak kuat adalah komponen sylinder head
akibatnya selinder akan melengkung dipastikan air akan menjebol gasket/perapat selinder head, sementara mesin masih bekerja makan air dengan temperatur sangat panas akan dikompresikan kesegala arah, termasuk kembali ke radiator maka inilah yang sering kita lihat seperti air menggelegak dan menyembur dari radiator saat kita membuka tutupnya dan kebanyakan pemilik kendaraan yang tidak menyadari bahwa temperatur mesin sudah panas, ini yang sering menyebabkan kerusakan yang lebih fatal sebab sebagaimana kita ketahui bahwa air adalah zat cair yang tidak bisa di kompresi, jika air berada dalam jumlah yang banyak dalam ruang bakar dipastikan akan menyebabkan kerusakan pada bagian terlemah yang ada di ruang mesin, seperti batang piston (connecting rod) seperti gambar berikut
Kalau sudah begini siap siap saja anda merogoh kocek lebih dalam...maka dari itu jaga selalu air pendingin mesin anda , jangan remehkan dan semoga bermanfaat.
By. AA Gambar pendukung dari berbagai sumber
Komentar
Posting Komentar