Langsung ke konten utama

KENAPA MESIN BISA OVER HEATING..?

Overheating adalah istilah yang kerap kali ditemukan dalam dunia permesinan mobil, istilah ini dimaksudkan untuk menunjukkan kondisi mesin yang mengalami temperatur panas yang berlebihan, melebihi suhu kerja normal sebuah mesin, sebagaimana kita ketahui bahwa mesin mobil bekerja, salah satunya adalah dengan memanfaatkan energi panas yang didapat dari pembakaran dalam ruang mesin dari berbagai unsur..( Dalam kesempatan lain Insya Allah akan kita jelaskan bagaimana dan unsur apa saja yang bekerja dalam proses pembakaran).


Menurut para ahli yang telah melakukan riset dan penelitian bahwa panas yang terjadi dalam ruang bakar mesin itu bisa mencapai suhu 1000C-1200C, coba anda bayangkan betapa panasnya, suhu tinggi ini yang  kemudian menyebar keseluruh bagian mesin, panas ini harus dikendalikan dan dijaga pada kondisi panas yang ditentukan atau yang kita sebut dengan suhu temperatur kerja mesin yang berkisar antara 80C-90C.

Nah..untuk menjaga Suhu kerja yang ideal maka sebuah mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan mesin ( Cooling system ) kira kira seperti gambar berikut,

                                                      

Pada sistem pendinginan air memegang peranan yang sangat penting, sepenting air dalam tubuh manusia dimana jika manusia kekurangan air, maka akan mengalami panas dalam, begitu juga dengan mesin mobil.

Berikut salah satu contoh proses terjadinya Overheating yang diakibatkan oleh kekurangan air pendingin, diawali dengan berkurangnya air yang berada dalam Radiator yang disebabkan oleh kebocoran maupun penguapan ( itu lah sebabnya kita diharuskan untuk mengecek air radiator setiap kali akan menghidupkan mesin dipagi hari), jika temperatur mulai tinggi melawati ambang batas maka motor fan akan bekerja terus menerus ( ini yang menggunakan electric motor fan ), akibatnyanya motor fan akan stop bekerja karena panas juga, temperatur makin tinggi sampai melewati ambang batas yang bisa diredam logam bahan pembuat mesin, disini biasanya yang sering tidak kuat adalah komponen sylinder head

                                               
                                                                                               
akibatnya selinder akan melengkung dipastikan air akan menjebol gasket/perapat selinder head, sementara mesin masih bekerja makan air dengan temperatur sangat panas akan dikompresikan kesegala arah, termasuk kembali ke radiator maka inilah yang sering kita lihat seperti air menggelegak dan menyembur dari radiator saat kita membuka tutupnya dan kebanyakan pemilik kendaraan yang tidak menyadari bahwa temperatur mesin sudah panas, ini yang sering menyebabkan kerusakan yang lebih fatal sebab sebagaimana kita ketahui bahwa air adalah zat cair yang tidak bisa di kompresi, jika air berada dalam jumlah yang banyak dalam ruang bakar dipastikan akan menyebabkan kerusakan pada bagian terlemah yang ada di ruang mesin, seperti batang piston (connecting rod) seperti gambar berikut

                                             
                                                                                                         
Kalau sudah begini siap siap saja anda merogoh kocek lebih dalam...maka dari itu jaga selalu air pendingin mesin anda , jangan remehkan  dan semoga bermanfaat.   

By. AA Gambar pendukung dari berbagai sumber                                                                                         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIRIAN BENGKEL AA CEMPAKA AUTO SERVICE

Sejarah Singkat pendirian Usaha perbengkelan AA CEMPAKA Auto Service yang berlokasi dijalan By Pass KM 9 Simpang Taruko 1 Kalumbuk Padang   merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan yaitu memperbaiki kendaraan penumpang roda empat dan juga menjual spare part, pelumas (Engine Oil) maupun peralatan lainnya. Bengkel AA CEMPAKA Auto Service didirikan pada tanggal 01 Juni 2015, oleh ASRUL ARMISKA beliau adalah mantan karyawan disebuah perusahaan otomotif terbesar yang merupakan pemegang merek kendaraan terkenal di Indonesia dan bekerja sama dengan beberapa pihak pemodal perorangan. Bengkel ini pada awalnya didirikan hanya untuk melayani service ringan dengan menyewa tempat berupa kios sederhana dan hingga kini sudah beberapa kali mengalami perpindahan lokasi usaha, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dimana beberapa bulan kemudian melihat banyaknya pelanggan yang meminta perbaikan-perbaikan pada kendaraan milik m

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula. Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup. Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini : Kompresi yang tinggi (sesuai standar) Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin) Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam mas

Tikam Samurai (53)

Kedua lelaki anggota Jakuza itu menoleh. Si Bungsu tegak dengan mulut terpaut rapat. Matanya bersinar seperti api yang siap membakar. “Siapa kau!” desis lelaki yang memegang samurai itu. Si Bungsu menyapu ruangan itu dengan pandangan mata. Dan sekilas dia dapat menerka apa yang terjadi. Teman anggota Jakuza yang pernah dia bunuh ketika menolong Hannako di terowongan daerah Yotsui dulu, kini datang lagi mencari Hannako. Dan dari pintu kamar Kenji yang terbuka, dia melihat kaki sebatas paha Hannako terkulai ke bawah tempat tidur. “Siapa kau!” Jepang bersamurai pendek dan bertubuh besar itu menggeram takkala melihat orang asing yang baru masuk itu tak mengindahkan pertanyaan pertamanya. “Saya malaikat maut…..” desis si Bungsu sambil maju perlahan. Di tangan kirinya samurainya terpegang kukuh. Sementara tangan kanannya tergantung lemah. Anggota Jakuza itu ingin segera menyudahi pekerjaannya. Dia maju menyongsong si Bungsu. “Bungsu-san…..larilah. selamatkan dirimu. Mere