Langsung ke konten utama

Mobil Juga Ibarat Manusia

Tidak salah bila ada yang bilang mobil itu ibarat manusia juga, memiliki umur dan penyakit dan kecocokan, tanpa terkecuali pemilik kendaraan pun tidak akan pernah lepas dari kondisi ini.

Berikut Pemaparan Riwayat Usia Mobil  :

Usia Mobil 0 - 5 Tahun
Pada usia ini boleh dibilang masa yang paling enak, karena kondisi mobil semuanya baik eksterior, interior dan mesin masih dalam kondisi yang sangat baik. Pada masa ini tugas pemilik hanya berkewajiban sebatas perawatan berkala, ganti oli, ganti filter oli dan udara. Tidak ada penyakit aneh pada usia ini, makanya tidak heran memiliki mobil di usia balita sangat nyaman.

Usia Mobil  5 - 10 Tahun
Pada usia tanggung ini, biasanya mobil sudah mulai nampak muncul penyakitnya, misalnya eksterior sudah banyak tergores, interior sudah haus, jok kursi busanya sudah mulai kempes, dashboard sudah mulai kusam, pintu sudah mulai timbul bunyi2, mesin juga sudah mulai sulit di starter. AC mobil sudah mulai bermasalah kurang dingin dan berbau tidak sedap.

Usia Mobil 10 - 15 Tahun

Usia ini adalah usia yang boleh dibilang lumayan berumur, pada usia ini sudah mulai banyak keluhan, selain eksterior dan interior sudah mengalami kehausan, mesin juga sudah mulai menampakan kebocoran, oli menetes dimana2 dan perlu di overhaul atau turun mesin. Timbul juga masalah kelistrikan, masalah temperatur mesin, masalah panel meter yang sudah mulai ngaco bacanya, mulai dari speedometer yang geol-geol, Meter RPM yang sudah mati total, atau dirubah warna sama pemiliknya.

Usia Mobil 15 - 20 Tahun
Bila tidak cukup beruntung, rentang usia ini sangat banyak sekali penyakitnya, mulai dari karet pintu yang sudah getas, lis-lis kaca sudah retak2, power window atau engkol sudah sering macet dan bermasalah. Kaca2 lampu mika sering didapati pada pecah atau retak2. Tenaga mesin sudah jauh berkurang, pemakaian BBM yang sangat boros, getaran mesin yang sudah terlalu parah, mobil sulit diajak nanjak, masalah pada kaki-kaki, masalah pada sistem rem dan kemudi.

Usia Mobil  diatas 20 Tahun

Ibarat manula, pada usia ini mobil sudah masuk dalam tahap penyakit kronis, karena seluruh interior, eksterior dan mesin mengalami kehausan dan keletihan yang sudah sangat parah. Pada usia ini mobil akan memerlukan 'peremajaan' kembali, biasanya pada usia ini mobil sudah mengalami cat ulang, turun mesin, sistem suspensi dan kemudi sudah harus diganti begitupun juga sistem rem. Jarang sekali didapati mobil dalam usia ini dalam kondisi yang 100% orisinil.

Gambaran diatas tidak berlaku mutlak karena kondisi mobil dan usia tergantung dari perlakuan pemilik/pemakai dan perawatan berkala pemilik sebelumnya.

Sesuatu yang pasti bahwa diatas dunia ini tidak ada yang abadi

Sumber : http://starlet2e.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIRIAN BENGKEL AA CEMPAKA AUTO SERVICE

Sejarah Singkat pendirian Usaha perbengkelan AA CEMPAKA Auto Service yang berlokasi di kota Padang ini merupakan suatu perusahaan jasa perorangan yang bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan yaitu memperbaiki kendaraan penumpang roda empat dan juga menjual spare part, pelumas (Engine Oil) maupun peralatan lainnya. Bengkel AA CEMPAKA Auto Service didirikan pada tanggal 01 Juni 2015, oleh ASRUL ARMISKA seorang mantan karyawan disebuah perusahaan otomotif terbesar yang merupakan pemegang merek kendaraan terkenal di Indonesia yaitu merek Toyota dan bekerja sama dengan beberapa pihak pemodal perorangan. Bengkel ini pada awalnya didirikan hanya untuk melayani service ringan dengan menyewa tempat berupa kios sederhana dan hingga kini sudah beberapa kali mengalami perpindahan lokasi usaha, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dimana beberapa bulan kemudian melihat banyaknya pelanggan yang meminta perbaikan-perbaikan pada kendaraan milik mereka dengan ...

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula. Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup. Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini : Kompresi yang tinggi (sesuai standar) Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin) Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam mas...

Tikam Samurai (76)

  “Apa salahnya, bukankah dia tak ikut secara langsung?” “Dia telah ikut menolongmu Zendo! Dan saya akan menolong Zato Ichi. Adil bukan?” “Apakah menolakkan ke dalam itu bisa dianggap sebagai pertolongan?” tanya Zendo. “Kenapa tidak. Maka sekarang, majulah…!!” “Hmm. Anak muda sombong. Kau sangka kami takut padamu? Jangan menyesal kalau hari ini nyawamu kusudahi..” Dan sehabis kalimatnya dia menyerang si Bungsu. dan anak buahnya juga ikut menyerang. Kali ini Zato Ichi benar-benar tak bisa membantu. Tenaganya yang sangat lemah, ditambah darah banyak mengalir dari pahanya yang menganga, membuat dia terduduk tak bisa bergerak. Namun si Bungsu sudah bertekad untuk membela Zato Ichi. Dia bertekad untuk membelanya sampai tets darah yang terakhir. Karenya, begitu Zendo menyerang, dia tak mau kasih hati. Dia melangkah dua langkah. Dan samurainya bekerja. Yang kena justru tiga orang anak buah Zendo yang tadi mengetatkan kepungannya. Mereka tak menduga kalau anak muda ini melangkah surut dan ...