Tidak
salah bila ada yang bilang mobil itu ibarat manusia juga, memiliki umur
dan penyakit dan kecocokan, tanpa terkecuali pemilik kendaraan pun tidak
akan pernah lepas dari kondisi ini.
Berikut Pemaparan Riwayat Usia Mobil :
Usia Mobil 0 - 5 Tahun
Pada usia ini boleh dibilang masa yang paling enak, karena kondisi mobil semuanya baik eksterior, interior dan mesin masih dalam kondisi yang sangat baik. Pada masa ini tugas pemilik hanya berkewajiban sebatas perawatan berkala, ganti oli, ganti filter oli dan udara. Tidak ada penyakit aneh pada usia ini, makanya tidak heran memiliki mobil di usia balita sangat nyaman.
Usia Mobil 5 - 10 Tahun
Pada usia tanggung ini, biasanya mobil sudah mulai nampak muncul penyakitnya, misalnya eksterior sudah banyak tergores, interior sudah haus, jok kursi busanya sudah mulai kempes, dashboard sudah mulai kusam, pintu sudah mulai timbul bunyi2, mesin juga sudah mulai sulit di starter. AC mobil sudah mulai bermasalah kurang dingin dan berbau tidak sedap.
Usia Mobil 10 - 15 Tahun
Usia ini adalah usia yang boleh dibilang lumayan berumur, pada usia ini sudah mulai banyak keluhan, selain eksterior dan interior sudah mengalami kehausan, mesin juga sudah mulai menampakan kebocoran, oli menetes dimana2 dan perlu di overhaul atau turun mesin. Timbul juga masalah kelistrikan, masalah temperatur mesin, masalah panel meter yang sudah mulai ngaco bacanya, mulai dari speedometer yang geol-geol, Meter RPM yang sudah mati total, atau dirubah warna sama pemiliknya.
Usia Mobil 15 - 20 Tahun
Bila tidak cukup beruntung, rentang usia ini sangat banyak sekali penyakitnya, mulai dari karet pintu yang sudah getas, lis-lis kaca sudah retak2, power window atau engkol sudah sering macet dan bermasalah. Kaca2 lampu mika sering didapati pada pecah atau retak2. Tenaga mesin sudah jauh berkurang, pemakaian BBM yang sangat boros, getaran mesin yang sudah terlalu parah, mobil sulit diajak nanjak, masalah pada kaki-kaki, masalah pada sistem rem dan kemudi.
Usia Mobil diatas 20 Tahun
Ibarat manula, pada usia ini mobil sudah masuk dalam tahap penyakit kronis, karena seluruh interior, eksterior dan mesin mengalami kehausan dan keletihan yang sudah sangat parah. Pada usia ini mobil akan memerlukan 'peremajaan' kembali, biasanya pada usia ini mobil sudah mengalami cat ulang, turun mesin, sistem suspensi dan kemudi sudah harus diganti begitupun juga sistem rem. Jarang sekali didapati mobil dalam usia ini dalam kondisi yang 100% orisinil.
Gambaran diatas tidak berlaku mutlak karena kondisi mobil dan usia tergantung dari perlakuan pemilik/pemakai dan perawatan berkala pemilik sebelumnya.
Sesuatu yang pasti bahwa diatas dunia ini tidak ada yang abadi
Sumber : http://starlet2e.blogspot.co.id
Berikut Pemaparan Riwayat Usia Mobil :
Usia Mobil 0 - 5 Tahun
Pada usia ini boleh dibilang masa yang paling enak, karena kondisi mobil semuanya baik eksterior, interior dan mesin masih dalam kondisi yang sangat baik. Pada masa ini tugas pemilik hanya berkewajiban sebatas perawatan berkala, ganti oli, ganti filter oli dan udara. Tidak ada penyakit aneh pada usia ini, makanya tidak heran memiliki mobil di usia balita sangat nyaman.
Usia Mobil 5 - 10 Tahun
Pada usia tanggung ini, biasanya mobil sudah mulai nampak muncul penyakitnya, misalnya eksterior sudah banyak tergores, interior sudah haus, jok kursi busanya sudah mulai kempes, dashboard sudah mulai kusam, pintu sudah mulai timbul bunyi2, mesin juga sudah mulai sulit di starter. AC mobil sudah mulai bermasalah kurang dingin dan berbau tidak sedap.
Usia Mobil 10 - 15 Tahun
Usia ini adalah usia yang boleh dibilang lumayan berumur, pada usia ini sudah mulai banyak keluhan, selain eksterior dan interior sudah mengalami kehausan, mesin juga sudah mulai menampakan kebocoran, oli menetes dimana2 dan perlu di overhaul atau turun mesin. Timbul juga masalah kelistrikan, masalah temperatur mesin, masalah panel meter yang sudah mulai ngaco bacanya, mulai dari speedometer yang geol-geol, Meter RPM yang sudah mati total, atau dirubah warna sama pemiliknya.
Usia Mobil 15 - 20 Tahun
Bila tidak cukup beruntung, rentang usia ini sangat banyak sekali penyakitnya, mulai dari karet pintu yang sudah getas, lis-lis kaca sudah retak2, power window atau engkol sudah sering macet dan bermasalah. Kaca2 lampu mika sering didapati pada pecah atau retak2. Tenaga mesin sudah jauh berkurang, pemakaian BBM yang sangat boros, getaran mesin yang sudah terlalu parah, mobil sulit diajak nanjak, masalah pada kaki-kaki, masalah pada sistem rem dan kemudi.
Usia Mobil diatas 20 Tahun
Ibarat manula, pada usia ini mobil sudah masuk dalam tahap penyakit kronis, karena seluruh interior, eksterior dan mesin mengalami kehausan dan keletihan yang sudah sangat parah. Pada usia ini mobil akan memerlukan 'peremajaan' kembali, biasanya pada usia ini mobil sudah mengalami cat ulang, turun mesin, sistem suspensi dan kemudi sudah harus diganti begitupun juga sistem rem. Jarang sekali didapati mobil dalam usia ini dalam kondisi yang 100% orisinil.
Gambaran diatas tidak berlaku mutlak karena kondisi mobil dan usia tergantung dari perlakuan pemilik/pemakai dan perawatan berkala pemilik sebelumnya.
Sesuatu yang pasti bahwa diatas dunia ini tidak ada yang abadi
Sumber : http://starlet2e.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar