Langsung ke konten utama

Emisi Gas Buang

Akhir-akhir ini pemerintah gencar-gencarnya mengkampanyekan tentang bahaya dari emisi gas buang dari kendaraan bermotor yang di tenggarai sebagai penyebab utama pencemaran udara dan lingkungan, tak heran jika saat ini masyarakat dunia semakin mencemaskan keadaan pencemaran udara dan lingkungan  terutama di kota- kota besar dimana kedaraan bermotor bertumpuk-tumpuk merayapi jalan raya. Menyikapi kecemasan ini maka pemerintah di negara-negara maju dan berkembang menerapkan regulasi standar tinggi guna mengatur produksi kendaraan bermotor dengsn mengharuskan pabrikan untuk menekan tingkat pencemaran udara sekecil mungkin, pabrikan diharuskan untuk menerapkan tekhnologi ramah lingkungan pada setiap kendaraan yang diproduksinya.

Tahukah anda apa itu Emisi gas buang..?




Emisi Gas Buang adalah gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran diruang mesin dalam ruang bakar suatu mesin kendaraan bermotor, gas ini mengandung zat kimia berbahaya bagi kehidupan manusia dan lingkungan hidup antara lain adalah:
                               Carbonmonoksida (CO)
                               Hidroarbon (HC)
                               Nitrogenoksida (Nox)
hanya Oksigen(O) yang tidak berbahaya karena memang dibutuhkan oleh manusia, ditambah partikel-partikel karbon yang dihasilkan mesin diesel.


CO dihasilkan ketika jumlah oksigen yang tidak mencukupi di ambil dari ruang pembakaran (pembakaran tidak sempurna).

2C (carbon) + O2 (oxygen) → 2CO (carbon monoxide) lebih lengkap klik disini..!

Apabila CO dihirup manusia, gas ini larut dalam darah dan kemampuan darah untuk membawa oksigen berkurang. Menghirup CO dalam jumlah besar bisa menyebabkan kematian

Selanjutnya HC, HC merupakan senyawa dalam bahan bakar kendaraan bermotor, zat ini dihasilkan juga oleh keadaan pembakaran yang tidak sempurna dimana jumlah bahan bakar lebih banyak dari udara yang dalam istilah otomotif disebut capuran gemuk, ketika suhu udara dingin, gas ini salah satu dari pencetus timbulnya kanker pada manusia..lebih lengkap klik disini

Sekarang kita coba membahas Nox.. Gas yang mengandung senyawa ini termasuk gas yang paling berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun proses pembakaran bebagai macam mesin-mesin Industri.


NOx dihasilkan oleh nitrogen dan oksigen pada udara dalam campuran udara-bahan bakar. Ini terjadi ketika suhu ruang pembakaran naik melewati nilai 1,800°C (3,272°F). Semakin tinggi kenaikan suhu pembakaran, semakin banyak NOx akan dihasilkan.

Apabila campuran udara-bahan bakar miskin, lebih banyak NOx dihasilkan karena rasio oksigen di dalam campuran udara-bahan bakar terlalu tinggi.

Ini berarti, NOx dihasilkan sesuai dengan dua faktor: suhu pembakaran dan konsentrasi oksigen.

N2 (nitrogen) + O2 (oxygen) → 2NO (NO, NO2 or N2O... NOx)penjelasan lengkap klik disini..!

Bila NOx dihirup, ia menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan. Ia juga menyebabkan photochemical smog.


Pembaca yth..

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak dari keberadaan senyawa gas beracun tersebut, 

  1. Dengan melakukan pemeliharaan dan pengecekan kendaraan bermotor anda secara berkala.
  2. Merubah kebiasaan kebanyakan kita yang suka memanaskan kendaraan dipagi hari terlalu lama (lebih dari 1-2 menit).
  3. Menanam sebanyak mungkin pohon dan tanam-tanaman disekitar rumah anda karena pepohonan sangat membutuhkan gas CO ini
  4. Memakai bahan bakar dengan oktan tinggi.
  5. Terus menerus berperan memberikan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada setiap orang terutama orang-orang terdekat dengan kita.
Saya sebagai pelaku usaha yang bergelut dalam bidang otomotive dan perbengkelan mengetahui persis akibat jahat dari gas-gas beracun tersebut diatas, namun kita hanya bisa meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan dan saya berharap dengan tulisan kecil ini dapat menggugah kesadaran kita untuk lebih mencintai lingkungan yang segar dan berperan serta untuk menjaganya bersama-sama.

Pemerintah meggalakkan program dan kampanye untuk mengurangi dampak gas berbahaya ini, salah satu dengan melakukan penghematan energi, ini dilakukan dengan penayangan iklan di media yang menelan biaya sangat besar akan tetapi pemerintah kurang mensosialisasikan caranya.

Ilustrasi:

Saat anda memanaskan mesin kendaraan anda dipagi hari sebelum berangkat melakukan aktifitas sehari-hari seperti kebiasaan kebanyakan pemilik kendaraan yaitu antara 5-10 menit, kalau 1menit menghabiskan BBM 10cc saja 10 menit berarti 100cc, jika dikota-kota besar terdapat 3 juta kendaraan 1 juta saja yang melakukan seperti diatas maka 1.000.000 X 100 CC = 100jt CC itu adalah sama dengan 100rb liter BBM, coba bayangkan 10 menit menghabiskan konsumsi BBM 100rb liter, jika dipagi hari pembakaran di pastikan tidak sempurna, jika satu mesin kendaraan menghasilkan 10% saja gas HC dan CO coba bayangkan dampaknya bagi lingkungan anda..

Dibalik efek mengerikan dari gas-gas diatas, terselip joke atau candaan bahwa ternyata kematian yang paling enak adalah kematian yang diakibatkan oleh menghisap gas-gas berbahaya itu, karena efeknya kita akan mengantuk lalu dibuai dan tewas saat tertidur..awas jangan dicoba ini hanya kelakar saja meskipun demikian adanya.

Demikian semoga tulisan kecil ini bisa menggugah sebanyak-banyaknya orang yang mengunjungi blog ini.

Dari Berbagai Sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIRIAN BENGKEL AA CEMPAKA AUTO SERVICE

Sejarah Singkat pendirian Usaha perbengkelan AA CEMPAKA Auto Service yang berlokasi dijalan By Pass KM 9 Simpang Taruko 1 Kalumbuk Padang   merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan yaitu memperbaiki kendaraan penumpang roda empat dan juga menjual spare part, pelumas (Engine Oil) maupun peralatan lainnya. Bengkel AA CEMPAKA Auto Service didirikan pada tanggal 01 Juni 2015, oleh ASRUL ARMISKA beliau adalah mantan karyawan disebuah perusahaan otomotif terbesar yang merupakan pemegang merek kendaraan terkenal di Indonesia dan bekerja sama dengan beberapa pihak pemodal perorangan. Bengkel ini pada awalnya didirikan hanya untuk melayani service ringan dengan menyewa tempat berupa kios sederhana dan hingga kini sudah beberapa kali mengalami perpindahan lokasi usaha, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dimana beberapa bulan kemudian melihat banyaknya pelanggan yang meminta perbaikan-perbaikan pada kendaraan milik m

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula. Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup. Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini : Kompresi yang tinggi (sesuai standar) Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin) Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam mas

Tikam Samurai (53)

Kedua lelaki anggota Jakuza itu menoleh. Si Bungsu tegak dengan mulut terpaut rapat. Matanya bersinar seperti api yang siap membakar. “Siapa kau!” desis lelaki yang memegang samurai itu. Si Bungsu menyapu ruangan itu dengan pandangan mata. Dan sekilas dia dapat menerka apa yang terjadi. Teman anggota Jakuza yang pernah dia bunuh ketika menolong Hannako di terowongan daerah Yotsui dulu, kini datang lagi mencari Hannako. Dan dari pintu kamar Kenji yang terbuka, dia melihat kaki sebatas paha Hannako terkulai ke bawah tempat tidur. “Siapa kau!” Jepang bersamurai pendek dan bertubuh besar itu menggeram takkala melihat orang asing yang baru masuk itu tak mengindahkan pertanyaan pertamanya. “Saya malaikat maut…..” desis si Bungsu sambil maju perlahan. Di tangan kirinya samurainya terpegang kukuh. Sementara tangan kanannya tergantung lemah. Anggota Jakuza itu ingin segera menyudahi pekerjaannya. Dia maju menyongsong si Bungsu. “Bungsu-san…..larilah. selamatkan dirimu. Mere