Langsung ke konten utama

Jangan Cemas Kala Mesin Panas


Panas mesin berlebih atau lebih dikenal dengan overheat  adalah kondisi yang terjadi akibat sistem pendingin tak bisa menurunkan suhu mesin. Bila ini terjadi, mesin kehilangan efisiensinya dan akan kehilangan tenaga.

Jika terus didiamkan, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan. Paling parah jika panas sampai membuat kepala silinder memuai dan melengkung.



Ada beberapa penyebab overheat.  Antara lain tak lancarnya sirkulasi air pendingin, fungsi radiator sebagai pendingin tak maksimal atau ada kebocoran yang membuat volume air pendingin semakin berkurang.

Selain dari jarum penunjuk temperatur di panel instrumen, overheat  juga bisa ditandai lewat gejala ngelitik  atau knocking.  Pasalnya, panas berlebih di ruang bakar membuat bahan bakar terbakar sendiri sebelum waktunya.

Overheat  yang terjadi saat mobil sedang berjalan cepat tanpa hambatan, manandakan adanya ketidakberesan di sistem sirkulasi air. Sebaliknya bila panas naik ketika mobil berada di kepadatan lalu lintas, artinya radiator tak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Problem juga dapat terjadi pada kipas pendingin radiator. Bagi mobil yang mengunakan electric fan,  cek apakah kipas bekerja dengan baik. Selain itu periksa juga kecepatan putarannya. Untuk mobil dengan kipas pendingin yang diputar mesin, perhatikan ketegangan belt  penggerak kipas. Bila terlalu kendur, belt  akan selip dan putaran kipas jadi tak maksimal.

Untuk memaksimalkan kerja kipas pendingin, tutup celah antara radiator dengan kondensor AC. Hindari pula melepas rumah penutup kipas. Karena tudung ini memaksimalkan fungsi kipas menghisap panas dari seluruh permukaan radiator.

Langkah melepas thermostat sering dilakukan sebagian pemilik mobil untuk mencegah overheat  justru bisa berefek sebaliknya. Mobil bisa overheat  saat melaju dalam kecepatan tinggi. Sebab sirkulasi air berlangsung terlalu cepat dan air tak sempat didinginkan oleh radiator sebelum kembali ke mesin.

Jangan panik

Bila terjadi overheat,  tak perlu panik. Segera pinggirkan kendaraan, buka kap mesin dan lihat apakah ada kebocoran. Jangan langsung membuka tutup radiator dalam kondisi seperti ini. Tekanan air di dalam radiator akan membuatnya menyembur keluar bila dibuka dan amat berisiko mencenderai tubuh.

Menghindarinya, buka tabung air cadangan untuk mengurangi tekanan di radiator. Bila tabung reservoir  kosong berarti telah habis terhisap dan tutup radiator bekerja dengan baik. Namun bila air penuh atau malah luber, tandanya tutup radiator telah rusak.

Biasanya overheat  menyebabkan jumlah air berkurang. Setelah mesin cukup dingin, tambahkan kembali air pendingin. Lakukan dengan kondisi mesin hidup supaya air tetap bersirkulasi.

Beberapa mobil, terutama produk Eropa seperti BMW memiliki sistem pendinginan mesin yang vakum alias tak boleh kemasukan udara. Untuk mobil-mobil ini, jangan lupa buang gelembung udara setelah menambah jumlah air pendingin.


Beberapa kemungkinan penyebab matinya electric fan: thermoswitch,  sekring, relay, kabel dan sambungan atau motor kipasnya sendiri. Jika bisa dipastikan penyebabnya adalah tiga hal pertama, dalam kondisi darurat, Anda bisa menyambung langsung kipas elektrik ke aki. Tapi perhatikan penyambungannya, jangan sampai kipas berputar ke arah yang terbalik.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memeriksa thermostat. Dalam kondisi mesin dingin, isi radiator sampai penuh, biarkan tanpa tutup dan start mesin. Bila air muncrat keluar melalui lubang radiator, bisa dipastikan thermostat sudah dilepas.

Bila hal itu tak terjadi, tunggu hingga mesin mencapai suhu normal. Perhatikan air melalui lubang radiator. Bila termostat dalam kondisi baik, air tampak bersirkulasi.

Tapi bila tidak, ada kemungkinan thermostat tak terbuka maksimum atau radiator terpampat kotoran. Untuk itu, tidak ada cara lain selain menyervis radiator atau mengganti termostat.


Mengganti tutup radiator dengan versi kompetisi bukan solusi terbaik untuk mencegah gejala overheat.  Tekanan tutup radiator kompetisi yang lebih tinggi memang bisa membuat titik didik air sulit dicapai.

Namun hal ini berefek pada daya tahan sambungan di sistem pendingin yang mendapat tekanan di luar kondisi normals sehingga mudah sekali pecah. Biasanya hal ini ditandai dengan sering pecahnya selang buntu di mesin.


Sumber :  autobild.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIRIAN BENGKEL AA CEMPAKA AUTO SERVICE

Sejarah Singkat pendirian Usaha perbengkelan AA CEMPAKA Auto Service yang berlokasi dijalan By Pass KM 9 Simpang Taruko 1 Kalumbuk Padang   merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan yaitu memperbaiki kendaraan penumpang roda empat dan juga menjual spare part, pelumas (Engine Oil) maupun peralatan lainnya. Bengkel AA CEMPAKA Auto Service didirikan pada tanggal 01 Juni 2015, oleh ASRUL ARMISKA beliau adalah mantan karyawan disebuah perusahaan otomotif terbesar yang merupakan pemegang merek kendaraan terkenal di Indonesia dan bekerja sama dengan beberapa pihak pemodal perorangan. Bengkel ini pada awalnya didirikan hanya untuk melayani service ringan dengan menyewa tempat berupa kios sederhana dan hingga kini sudah beberapa kali mengalami perpindahan lokasi usaha, seiring dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dimana beberapa bulan kemudian melihat banyaknya pelanggan yang meminta perbaikan-perbaikan pada kendaraan milik m

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula. Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup. Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini : Kompresi yang tinggi (sesuai standar) Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin) Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam mas

Tikam Samurai (53)

Kedua lelaki anggota Jakuza itu menoleh. Si Bungsu tegak dengan mulut terpaut rapat. Matanya bersinar seperti api yang siap membakar. “Siapa kau!” desis lelaki yang memegang samurai itu. Si Bungsu menyapu ruangan itu dengan pandangan mata. Dan sekilas dia dapat menerka apa yang terjadi. Teman anggota Jakuza yang pernah dia bunuh ketika menolong Hannako di terowongan daerah Yotsui dulu, kini datang lagi mencari Hannako. Dan dari pintu kamar Kenji yang terbuka, dia melihat kaki sebatas paha Hannako terkulai ke bawah tempat tidur. “Siapa kau!” Jepang bersamurai pendek dan bertubuh besar itu menggeram takkala melihat orang asing yang baru masuk itu tak mengindahkan pertanyaan pertamanya. “Saya malaikat maut…..” desis si Bungsu sambil maju perlahan. Di tangan kirinya samurainya terpegang kukuh. Sementara tangan kanannya tergantung lemah. Anggota Jakuza itu ingin segera menyudahi pekerjaannya. Dia maju menyongsong si Bungsu. “Bungsu-san…..larilah. selamatkan dirimu. Mere